Digital Marketing

Digital marketing : Pengertian, Contoh, Jenis dan 6 Kelebihannya

Digital marketing adalah metode terbaru dalam mengenalkan brand atau produk di jaman teknologi sedang berkembang pesat seperti sekarang ini

  1. Sejarah, awal mula Digital marketing

Digital marketing mulai di kenal pada tahun 90an berbarengan dengan meningkatnya penggunaan internet dan komputer. Ketika zaman itu tidak sedikit perusahaan mencoba memikirkan untuk merubah sistem dari konvensional ke dalam digital, seperti penyimpanan data, akses keamanan data dan pengenalan produk melalui media online. 

Oleh karna itu Internet serta web membuat kita mudah mengakses informasi dari mana saja lebih mudah dan cepat.

Adapun koneksi internet masuk ke indonesia pada tahun 80 atau 90an yang di pelopori oleh universitan indonesia pada tahun 1980an. Setelah awal masuk itu internet semakin tumbuh dan berkembang sangat cepat di indonesia, hingga pada tahun 2000an hampir seluruh daerah di indonesia mempunyai akses internet dengan menggunakan warung internet atau di singkat WARNET.

Karna meningkatnya penggunaan komputer dan internet di indonesia, dalam hal ini para perusahaan atau pelaku bisnis mulai tertarik untuk melakukan metode baru dalam memasarkan produknya, yaitu dengan memanfaatkan media digital atau internet yang sedang mengalami pertumbunhan yang sangat pesat, metode ini di sebut dengan digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing : Pengertian, Contoh, Jenis dan 6 Kelebihannya

  1. Apa yang dimaksud dengan digital marketing dan berikan contohnya?

Digital marketing itu apa sih? Artinya adalah memasarkan atau mempromosikan suatu produk melalui internet.

Anda pasti pernah melihat suatu perusahaan atau brand melakukan promosi di internet, mau itu social media facebook, ig, website atau mungkin youtube dan lain-lain.

Sebagai contoh, jika anda mempunyai social media pasti pernah melihat gambar bertuliskan “Bersponsor”

Ini adalah contoh postingan berbayar yang di sediakan di berbagai macam social media, website dan platform lain sejenisnya.

Beberapa tahun ke belekang ini memang semakin banyak di gunakan oleh para pembisnis di seluruh dunia, di karekan oleh pandemi yang mengharuskan kita berada di rumah sehingga para pelaku bisnis memutar otak untuk membuat mereka bisa menjangkau customernya meskipun di rumah.

Bukan hanya karna itu saja, ada faktor lain yang membuat menjadi pilihan yang bisa di bilang paling cocok untuk beberapa pelaku usaha, karna di jaman teknologi yang sangat maju ini kita sudah di dukung agar bisa menjangkau customer dimana saja dan kapan saja.

Terus apakah penting bagi pengusaha kecil, menengah dan besar untuk menjalankan strategi bisnis ini?

Tentunya sangat penting dalam beberapa hal, tapi tidak semua pengusaha harus melakukan strategi ini, namun jika anda mempunya tujuan dan target yang besar, bisa anda jadikan salah satu solusinya!

Baca juga :
Contoh Perusahaan Yang Menggunakan Digital Marketing Sukses Dan Berhasil

  1. Pengertian digital marketing dan tujuannya?

Pengertian dari digital marketing ialah memasarkan, mempromosikan atau  mengenalkan brand, produk, perusahaan atau jasa dengan strategi menggunakan media/platform digital atau internet. 

Tujuanya adalah untuk menjangkau konsumen atau calon konsumen yang lebih luas dari local, nasional ataupun internasional.

Berkembangnya tekhnologi jaman sekrang, membuat koneksi internet dengan mudahnya masuk ke berbagai kalangan, daerah di seluruh dunia. Maka dari itu tidak heran para pelaku bisnis mencoba strategi ini untuk menambah jangkauan pasarnya.

Tidak heran kita akan selalu melihat konten “Bersponsor” di setiap social media, google chrome, youtube dan platform lainnya yang ada di dunia maya.

Contoh digital marketing yang bisa anda gunakan untuk bisnis anda :

  1. SEO (SEarch engine optimation)
  2. FB ads
  3. Google ads
  4. Instagram ads
  5. Youtube ads dan ads lainnya
  6. Email marketing
  7. Whatsapp blast 
  8. Endorse seleb/tiktok dan masih banyak lagi.

Itu adalah teknik yang biasa di gunakan oleh para pelaku usaha.

  1. Kelebihan digital Marketing

  • Penyebaran relative cepat

Bukan hal yang aneh bagi kita tentang penyebaran informasi yang sangat cepat apapun bentuknya, mau video, gambar ataupun text. 

Hampir segala sesuatu bisa viral di jaman sekarang ini. Dengan memanfaatkan momen atau trend, akan sangat mudah bagi kita menjangkau dan menarik minat dari para penikmat dunia maya untuk di jadikan calon pelanggan.

Maka dari itu penyebaran digital marketing itu cenderung sangat cepat.

  • Menjangkau ke seluruh tempat

Hampir seluruh area di dunia ini mempunya koneksi internet, termasuk di negara kita indonesia ini dari sabang sampai merauke. Semua orang pasti sudah menggunakan koneksi internet dari yang muda sampai yang tua, dari pagi hingga malam tidak ada kegiatan tanpa internet.

Oleh karna itu kita harus jeli memanfaatkan situasi tersebut untuk membuat brand dan produk kita lebih di kenal lagi.

  • Biaya Jauh Lebih Rendah

Tanpa mengecilkan teknik pemasaran tradisional! Tapi bisa di bilang digital marketing ini bisa menjangkau lebih luas dan banyak tetapi dengan biaya yang bisa di bilang lebih murah dan terjangkau. 

Kok bisa? Bisa banget karna kita bisa mengatur orang seperti apa saja yang akan jadi target pasar kita.

Dan juga ada beberapa sumber survey menunjukkan hampir 25% umkm akan menggunakan media digital untuk mengenalkan produk karena lebih terbukti dari segi hasil.

  • Memilih Target Spesifik

Dalam hal ini perbedaan antara cara konvensional dan digital akan sangat terlihat.

Kita bahas cara marketing konvensional terlebih dahulu, bisa di bilang marketing konvensional itu tidak mempunyai banyak pilihan segmen atau target. Loh kok bisa?

Jadi ketika kita memasang iklan secara konvensional katakanlah kita memasang baliho penjualan rumah di jalan-jalan besar. Secara kuantitas mungkin iklan tersebut akan banyak di lihat oleh banyak orang, tetapi itu termasuk yang membutuhkan dan tidak membutuhkan rumah, yang jadi masalah anda tidak bisa menentukan dan memilih orang-orang seperti sapa aja yang bisa melihat iklan anda.

Catatan penting digital marketing bisa melakukan itu!

Seiring berjalan waktu penjualan produk, tipe jasa menjadi semakin banyak dan kebanyakan konsumen lebih memilih-milih terhadap barang yang ingin dia beli. 

Karna hal itu jika kita ingin mempromosikan barang hendaknya kita membagi kedalam segmen-segmen tertentu, agar target dan iklan kita optimal ketika di jalankan.

Saking canggihnya teknik ini, kita bisa memilih atau menentukan target yang ingin kita jangkau, mulai dari minat, usia, status, penghasilan, pekerjaan dan pendidikan sekaligus. 

Dan juga anda bisa memantau seluruh proses dari promosi digital anda, sehingga anda bisa mengevaluasi setiap iklan digital yang anda jalankan. 

  • Evaluasi target mudah 

Karna sistem yang sudah di rancang sedemikian lengkap, setiap iklan anda akan mempunyai report yang sangat detail, sehingga memudahkan anda untuk meninjau dan mengevaluasi terkait iklan anda, mulai dari produk, target iklat, biaya yang di keluarkan dan banyak lagi.

  • Mudah untuk menyesuaikan

Teknik pemasaran konvensional mungkin susah di ukur efektivitasnya karna hampir tidak ada alat ukurnya, berbeda dengan teknik digital marketing yang ke efektivitasannya sangat mudah di ukur.

Anda juga dapat memantau kinerja iklan dan konten anda secara berkala, jika ada iklan yang menurut anda kurang sesuai anda bisa menghentikannya dan menyesuaikan ulang agar performa lebih bagus dari sebelumnya

  1. Jenis platform digital marketing
Jenis jenis digital marketing
  1. Website

Website sangat berperan penting dalam menawarkan suatu produk atau jasa dengan sistem online yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja. Membantu konsumen atau calon konsumen anda mengetahui tentang produk atau promo yang akan anda pasarkan

  1. SEO – Search engine optimation

Tidak ada yang tidak mengetahui google, salah satu esin pencari yang sangat banyak di gunakan di dunia ini. Setiap mobile phone atau desktop pasti mempunyai google di dalamnya.

Secara garis besar SEO berarti membuat suatu halaman atau website berada di halaman 1 google, dengan harapan website anda mendapatkan banyak trafic pengunjung yang banyak.

Tetapi jika anda ingin SEO akan membutuhkan proses dan waktu yang lumayan panjang, tapi hasil yang di dapatkan juga akan berjangka panjang.

  1. Search Engine Ads

Hampir sama dengan SEO membuat website anda berada di halaman yang mudah di jangkau atau di lihat oleh pengunjung, hanya saja cara ini dilakukan secara berbayar langsung ke pihak googlenya, biasa di sebut google ads.

Cara ini juga mengharapkan akan banyak pengunjung yang mengunjungi website anda, tetapi jika iklan berhenti kemungkinan pengunjung juga akan berhenti mengunjungi website anda.

  1. Social media marketing

Seperti namanya social media marketing berarti kita mempromosikan produk dan jasa kita di media sosial, bisa fb, ig youtube dan lainnya.

  1. Affiliate Marketing

Seperti affiliate pada umumnya, orang-orang akan mereferensikan produk yang anda jual dengan tujuan mereka mendapatkan penghasilan setiap produk yang mereka tawarkan terjual.

  1. Email Marketing

Email marketing adalah promosi yang di lakukan atau di sebarkan melalui email. Cara ini biasanya lebih efektif jika di lakukan melalui pendekatan terlebih dauhulu.

Menurut statistik email marketing mempunyai tingkat keberhasil yang tinggi, untuk mendapatkan pelanggan baru.

  1. Langkah awal memulai digital marketing

Sebelum anda menjalankan metode digital marketing ini, ada baiknya anda menyiapkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Mempunya website
  2. Mempunyai media sosial
  3. Mempunya logo dan brand
  4. Testimoni dari pelanggan
  5. Target pasar
  6. Konten yang berhubungan dengan brand

Setelah anda memiliki hal di atas, selanjutnya anda hanya perlu melakukan langkah selanjutnya yaitu memilih platform digital mana yang ingin anda kembangkan? 

Misalnya anda ingin memulai dari website, jika anda sudah menentukanya, selanjutnya anda tinggal mengoptimasi website anda misalnya dengan membuat konten, foto dan artikel yang menarik serta berhubungan dengan brand anda.

  1. Anggaran digital marketing

Untuk anggaran digital marketing telative, bisa murah bisa juga mahal. 

Ini semua tergantung metode apa yang ingin anda gunakan, karna setiap metode mempunyai biaya yang berbeda dan mempunyai hasil yang berbeda pula.

Anda hanya perlu melakukan perencanaan apa saja metode yang akan anda gunakan untuk mengukur pembiayaan agar sesuai dengan kantong anda. Dan selalu catat alur keuangan anda agar bisa di evaluasi di kemudian hari.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang digital marketing yang bisa kami sampaikan, mudah-mudah bisa bermanfaat bagi teman-teman semua.

Setiap hal yang di lakukan itu pasti ada 2 kemungkinan, pertama berhasil ke dua gagal

Kedua hal itu tidak bisa di pisahkan. Tidak sedikit bisnis yang tumbang dan bangkrut karna terlalu mendewakan digital marketing tanpa mengetahui dan meriset lebih dalam apa saja yang harus di lakukan.

Tetapi jika kita sudah mempelajari suatu hal dengan baik dan benar harusnya kemungkinan gagal itu bisa di antisipasi.
Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman dan menambah pengetahuan baru terhadap digital marketing.

Kami ucapkan Terima kasih

2 thoughts on “Digital marketing : Pengertian, Contoh, Jenis dan 6 Kelebihannya”

  1. Pingback: Taktik Digital Marketing menambah banyak pelanggan

  2. Pingback: Digital marketer adalah ? apakah sama dengan digital marketing ? - Digital Creative Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.